Ad Code

Responsive Advertisement

PEMBIASAAN GURU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 SMP/MTs

 


           Pendidikan merupakan upaya sadar yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap peserta didik menuju tujuan tertentu. Dalam pelaksanaan pendidikannya dilakukan secara berkesinambungan/kontinyu dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didiknya, termasuk kegiatan pembiasaan di lingkungan sekolah.
             Dalam bidang psikologi pendidikan, metode pembiasaan dikenal dengan istilah operan conditioning, mengajarkan peserta didik untuk membiasakan perilaku terpuji, disiplin, giat belajar, bekerja keras, ikhlas,jujur, dan bertanggung jawab atas setiap tugas yang telah diberikan. Pembiasaan adalah sesuatu yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang agar sesuatu itu dapat menjadi kebiasaan. Pembiasaan sebenarnya berintikan pengalaman, yang dibiasakan adalah sesuatu yang diamalkan.
      Ada beberapa syarat yang harus dilakukan dalam mengaplikasikan pendekatan pembiasaan dalam pendidikan. a) Mulailah pembiasaan sebelum terlambat. Kebiasaan positif maupun negatif akan muncul sesuai dengan lingkungan yang membentuknya. b) Pembiasaan hendaklah dilakukan secara kontinu, teratur dan terprogram. Sehingga pada akhirnya akan terbentuk sebuah kebiasaan yang utuh, permanen dan konsisten. Oleh karena itu, faktor pengawasan sangat menentukan dalam pencapaian keberhasilan dari proses ini.
        Akhirnya para guru bersepakat untuk berangkat lebih awal dan memberi contoh mengajak peserta didik mengambil sampah yang ada sekalipun ada penjaga sekolah sedang menyapu. Semua guru diharapkan datang lebih awal ke sekolah dan memberi contoh mengambil sampah, kemudian ditirukan peserta didik dan kegiatan itu setiap hari dilakukan. Hasilnya ketika guru datang belum mengambil sampah, para peserta didik langsung mengambil sampah. Guru berjalan menuju ruang kantor sambil sesekali siswa datang mencium tangan guru walau tangan kiri penuh dengan genggaman sampah.
        Kegiatan pembiasaan itu tetap guru lakukan sampai sekarang ini dan itu menjadi cermin bagi siswa. Apa yang dilakukan guru pasti yang akan dilakukan siswa. Pepatah mengatakan “Guru kencing berdiri siswa kencing berlari”, artinya apa yang dilakukan guru sebenarnya akan ditiru oleh siswa. Maka dari itu tetaplah tanamkan kebiasaan baik sehingga apa yang guru lakukan senantiasa menjadi cermin baik bagi siswanya. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar